Rabu, 09 Mei 2012

UNGGUL DALAM AKSI , RAIH JUARA PERTAMA PENTAS SENI PROPINSI

  Blora,
Pesantren tidak hanya kaya akan khasanah keilmuan agama dan santri yang berwawasan Qurani, tetapi juga mampu unggul dalam khasanah budaya dan seni. Begitulah yang ditunjukkan oleh para santriwan dan santriwati Blora yang mampu meraih gelar juara pertama dalam pentas seni  tingkat Provinsi beberapa waktu lalu.
Aksi  Pentas seni para santriwan santriwati Kabupaten Blora yang mewarnai acara Kemah Santri Se- Provinsi Jateng pada 30 April sampai 3 Mei 2012 di bumi perkemahan Pakis Adi Jepara lalu nampaknya membawa hasil  yang membanggakan dengan membawa nama baik pesantren dan Kankemenag Blora. Atraksi 11 santri Putra dari Ponpes Al Muhammad Cepu, Blora dan 10 putri santriwati dari Ponpes Al Hikmah Blora  tersebut mengisahkan tentang kesenian Barong yang sampai saat ini menjadi Seni khas daerah Blora.
Para santriwan beratraksi membawakan seni barong yang mengisahkan tentang cerita mulai dari jaman jahiliyah dahulu kala, dimana Blora masih diwarnai kebodohan, kemaksiatan baik minuman keras, judi,pencurian, “madon” dan keburukan lainnya yang dipelopori  oleh raja Singo Barong. Kemudian datanglah santri Janaloka  yang membawa ajaran agama Islam dan akhlak mulia untuk memberantas kemaksiatan tersebut, sehingga terjadi peperangan antara santri dan angkara murka, Singobarong yang menjadi musuh  Islam . Dan peperangan pun  dimenangkan oleh santri Islam, sehingga kemenangan tersebut  dirayakan dengan iringan rebana dan sholawat sebagai tanda bahwa sudah terjadi era pencerahan bagi warga Blora melalui masuknya nilai nilai ajaran agama Islam.

Kasi  Pekapontren, Fathul Himam, S.Ag, M.PdI menyatakan melalui acara kemah pelajar tersebut para peserta diharapkan bisa terus meningkatkan skill kemampuan santri untuk kemanfaatan bagi  diri sendiri, lingkungan dan masyarakat. Selain itu juga terus diupayakan prestasi santri yang lebih baik lagii di masa depan karena pramuka sebagai tempat untuk melatih kepemimpinan, kekompakan mengatasi masalah, mengungkapkan pendapat serta berapresiasi dan belajar mandiri.

Sementara itu, Kepala kankemenag Blora, Drs. H. Tri Hidayat juga  menyatakan bahwa dalam acara kemah pelajar tersebut  para santri ternyata bisa membawa nama baik Kemenag Blora dan menjaga kekompakan bersama sehingga bisa menjadi ajang berkreatifitas dan menjalin kebersamaan antar santri.
Dalam kesempatan terpisah juga dilaksanakan monitoring Pelaksanaan Ujian Nasional bagi sekolah MI pada 7-9 Mei di beberapa sekolah oleh Kasi Mapenda, Drs. H. Parmono, M.PdI dan jajarannya dan Kepala kankemenag Blora. Pelaksanaan ujian Nasional berjalan lancar dan tertib dan ujian susulan akan dilaksanakan pada  14 sampai 16 Mei 2012 bagi siswa yang berhalangan mengikuti ujian. (ima)