Selasa, 05 Juni 2012

LOMBA MHQ PROVINSI, BLORA RAIH JUARA PERTAMA


BLORA,
Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) Pesantren ke 9 yang berlangsung pada tanggal 28 sampai 30 Mei 2012 lalu di Slawi-Tegal membuahkan hasil yang membanggakan bagi Kabupaten Blora, dengan diraihnya juara pertama pada lomba Mufassir Bahasa Arab Putra. Eko Edi Susilo, santri dari ponpes Rohmah Al Falah, Cepu Blora berhasil menyandang gelar juara setelah menyisihkan saingan peserta dari seluruh Jawa Tengah yang berjumlah sekitar 350 orang, dari perwakilan masing masing Kabupaten sebanyak 6 peserta.

Kepala Kankemenag Blora, Drs. H. Tri Hidayat menyatakan sangat apresiatif atas kemenangan kontingen Blora dalam lomba MHQ tersebut, sebagai sarana untuk meningkatkan perstasi yang lebih baik lagi dalam pemahaman Alquran dan semoga bisa terus meningkat dalam berbagai even lainnya. Melalui kegiatan kegamaan seperti ini akan akan terjalin silaturahim dan solidaritas antar pesantren serta mendidik generasi yang mencintai, memahami dan menghayati Alquran.

Sementara itu, Kasi Penamas Kankemenag Blora,Drs. H. Ach. Mucharom juga berharap  kegiatan tersebut bisa mendapat dukungan dari berbagai pihak terutama Kabupaten karena berpotensi untuk membawa nama baik Kabupaten di tingkat Propinsi maupun Nasional apalagi jika terdapat pembinaan dan seleksi rutin dari berbagai pesantren pada tingkat Kabupaten akan banyak memunculkan bibit santri dan peserta yang berprestasi di bidang Hifdzil Quran.

Lebih lanjut Kasi penamas menyatakan diperlukan adanya  persiapan pada Musbaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar yang akan diselenggarakan pada 4-7 September di Asrama Haji Donohudan , Solo dan Seleksi  Tilawatil Quran (STQ) pada 11-14 September di Kabupaten Karanganyar. “kita akan mempersiapkan sebaik baiknya kegiatan tersebut dan berharap dukungan berbagai pihak mulai tingkat Kabupaten sehingga akan lebih optimal lagi baik penjaringan peserta maupun pelaksanaan di tingkat provinsi dan nasional” tutur nya serius.
Menanggapi hal tersebut, Kabag Kesra Pemkab Blora, Hariyanto,S.IP menyatakan bahwa prestasi tersebut membawa nama baik Kabupaten Blora dan Pemkab Blora akan mendukung kegiatan tersebut pada tahun mendatang serta lebih mengintensifkan komunikasi dan koordinasi lebih lanjut.

Dalam perlombaan lain, Blora juga berhasil mencapai juara II Lomba kategori keluarga sakinah tingkat Karisidenan yang diraih oleh Keluarga Drs. H. Mahmud Yunus dan Hj. Sumarwiyah dari dukuh Grogol Desa Sumberejo, Kecamatan Randublatung Blora.

Sementara dalam kesempatan terpisah juga dilaksanakan pembinaan bagi penyuluh agama Non PNS se Kabupaten Blora oleh Kasi Penamas kemenag Blora dan bedah buku oleh mahasiswa yang bertemakan tentang “Menerawang Sisi lain perilaku shalat dalam upaya menjadikan sholat sebagai kebutuhan dasar yang melekat”  dengan salah satu Narasumber dari Kepala Kankemenag Blora, Drs. H. Tri Hidayat.  (ima)

Foto : pembinaan bagi penyuluh agama Islam Non PNS oleh Kasi penamas Blora, Drs. H. Ach. Mucharom