Kamis, 07 Juni 2012

ROADSHOW TIM BADKO TPQ JATENG, UPAYA TINGKATKAN PENGEMBANGAN TPQ


 BLORA,
Pengembangan Taman Pendidikan AlQuran (TPQ) sebagai sarana Pembelajaran dengan pengembangan kurikulum PAUD yang bernilai Plus, yakni mengedepankan pemahaman terhadap membaca, menulis dan mengamalkan Alquran sejak dini adalah hal yang mutlak diperlukan dewasa ini sebagai dasar bagi pendidikan anak lebih lanjut,  untuk itu perlu digalakkan pendirian PAUD berbasis TPQ sesuai keputusan Mendiknas yang mampu mandiri dan bisa bersaing  dengan PAUD lainnya. Demikian diungkapkan oleh ketua Umum Badko TPQ Jateng, H. Ateng Ghozali, M.Si dalam acara Roadshow Badko TPQ Jateng di aula Kankemenag Kabupaten Blora, Selasa, 5 Juni 2012.

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan bahwa sarana prasarana untuk pengembangan TPQ diharapkan akan didukung oleh Pemkab Blora, DPRD dan Masyarakat.  Begitu pula dalam  pengembangan metode mengajar nanti akan dikoordinir oleh Badko TPQ Kabupaten dengan mengadakan diklat bagi Ustadz dan ustadazah TPQ se-Kabupaten Blora. Pihaknya juga menekankan adanya upaya sosialisasi ke masyarakat untuk memberikan motivasi putra putrinya untuk mau bersekolah di TPQ terdekat.

Hadir dalam kesempatan tersebut tim  Badko TPQ jateng lainnya,H. Multazam, M.Ag, Totok, S.Pd, Kepala kankemenag Blora, Drs. H. Tri Hidayat, Bupati Blora yang diwakili Kabag Kesra, Hariyanto, S.IP, Bappeda, Endro, Dsisikpora oleh Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI), Drs. H. Ainurrrofiq,M.Si,  Kasi Penamas, Drs. Ach. Mucharom, Kasi Mapenda, Drs. H. Parmono,M.PdI, Kasi  Peka Pontren Fathul Himam, S.Ag, MPdI beserta jajaran pengurus Badko TPQ Kabupaten yang diketuai oleh H. Moh, Thoha dan pengurus Badko TPQ Kecamatan.
Dalam sambutan yang dibacakan Kabag Kesra pemkab Blora, Hariyanto, S.IP, Bupati menyatakan sangat memberikan respon positif bagi pengembangan TPQ sebagai wahana  penanaman pendidikan AlQuran sejak dini dan akan berusaha untuk membantu dan memberikan dukungan melalui pendanaan APBD sesuai proporsinya. Hal senada diungkapkan oleh anggota DPRD, Hj. Chanifah bahwa DPRD akan mendukung pengembangan TPQ ke depan dan melaksanakan program yang telah dijalin salama ini dengan baik. Pihaknya juga menyatakan selamat atas keberhasilan Blora meraih juara I dalam lomba MHQ tingkat Propinsi untuk kategori Tafsir bahasa Arab Putra yang diraih Eko Edi Susilo, santri dari ponpes Rohmah Al Falah, Cepu Blora.
Sementara itu, Ketua panitia Roadshow, Nuril Asrori, M.Hum juga menyampaikan bahwa pengurus Badko TPQ Kabupaten berharap kegiatan seperti ini akan sering dilaksanakan untuk memberikan motivasi kinerja bagi pengembangan TPQ di Tingkat kabupaten untuk dilanjutkan ke tingkat Kecamatan. Pihaknya juga menginformasikan akan diadakan wisuda bagi santriwan dan Santriwati TPQ setelah dilaksanakannya diklat bagi ustadz dan ustadzah.
Selain itu, Blora juga berhasil meraih juara pertama Pentas Seni pada kemah Pelajar Santri dan kasi Pekapontren, Fathul Himam berharap aka nada upaya peningkatan prestasi yang lebih baik lagi karena perkemahan sebagai sarana meningkatkan kemandirian, kerjasama dan kedisiplinan bagi santri. (Ima)